Jumat, 23 Maret 2012

Tragedi Trombosit

Jadiiii...
dibalik kejadian yang membahagiakan yaitu kelahiran baby rhea, tersimpan cerita yang cukup membuat gw sedikit trauma. But Thank God, setelah kunjungan tgl 16 kemarin ke internis dr.Dyah semuanya baik-baik saja, tidak ada yg perlu dikhawatirkan jadi si dokter bilang ga ada masalah klo mau program anak ke 2 ( ntr dulu kali yeeeeee..... )
Kejadianny berawal dari hasil lab yang memang dipersiapkan sebelum proses persalinan.
Dari hasil lab diketahui bahwa trombosit gw cuma diangka 101.000 padahal normalnya batas bawah itu 150.000. dr.YR akhirnya kasih gw surat pengantar untuk cek lab lagi, dan gw baru melakukan test darahnya sabtu sore ( dimana minggu dinihari gw udah ke RS )


Trus minggu diniharinya karena gw ngerasa kaya ngompol yg ternyata air ketuban ud ngerembes, maka gw langsung ke RS. Tiba di RS disuruh ganti baju dan masuk ruang kala 1, cek CTG, cek pembukaan dan air ketuban. Setelah itu suster langsung buka medical history gw dan sampailah pada pertanyaan :
"Bu, ini kan trombositnya turun, dan diduruh cek darah lagi ya? Hasilnya dibawa ga bu?"
dan gw jawab :
"Tadi sore saya baru cek di lab bawah dan hasilnya belom saya ambil"
Trus kira-kira jam 8 pagi, susternya saperin gw lagi dan bilang :
"Bu, hasilnya ternyata trombosit ibu kurang baik krn turun dr hasil sebelumnya, jadi kita adakan cek darah ulang ya (mulailah gw diambil darah, masih cool krn dipikir akan baik-baik aja)"
Dannnn singkat cerita segerombolan suster dan petugas lab dateng lagi dan bilang bahwa harus cek darah untuk second opinion karena ternyata hasilnya turun lagi (menyentuh angka 80.000), dan itu sekitar jam 12 siang. Mulailah sisi kecengengan gw kluar, ga bisa nahan air mata, gw yang berusaha tenang dan tegar akhirnya nangis juga. Gw sambil makan siang berusaha nangis sesunyi mungkin, jadi cuma air mata aja yang keluar biar evan ga tau kalo gw nangis, tapi ternyata evan sadar kalo agw nangis dan nyamperin gw. Gw yang emang bener-bener udah emosi banget cuma bisa meluk evan dan nangis sesegukan. Dya menguatkan gw dan bilang :
"Jangan nangis mah, kasian si kakak didalam perut. Ini semua memang proses yang harus kita lewatin. Kamu harus kuat, karena kamulah yang nguatin aku juga mah" ( nulis ini jadi berkaca-kaca ).
Akhirnya setelah mewek membuat gw lebih lega dan pasrah sama Tuhan, gw yakin semua ini yg terbaik.
Sekitar jam 6 sore hasil lab dari Prodia tiba dan ternyata hasil trombositnya malah tambah turun. dr.YR akhirnya telp evan dan memutuskan untuk segera operasi sementara sebelum itu harus transfusi darah kurleb 10 kantong trombosit. Jam 10 malam trombosit ready dr PMI dan gw yang sudah terpasang infus ( 1st time in my life ), langsung ditransfusi tanpa henti sampai semua kantong habis.
Transfusi ini bertujuan agar tidakz terjadi pendarahan karena dilakukan tindakan operasi, secara ya trombosit itu kan sel pemebeku darah, kalo misalnya bermasalah berarti kan terjadi permasalahan dlm proses pembekuan darah trus terjadi pendarahan hebat, trus kehabisan darah trus lewat dechhhh... ( serem juga ya cinnnnn.... ), but Thank God semua ga terjadi.
Setelah keluar dr RS gw harus konsul keninternis lagi dan ternyata ga ada masalah serius dengan trombosit gw, semua hanya disebabkan oleh virus, dimana emang 2 minggu sblm melahirkan gw sempet flu berat opus sedikit demam.
So, kesimpulanny ibu-ibu :
1. Jaga kondisi fisik sebelum melahirkan supaya ga sampe sakit flu apalagi demam
2. Kalo bisa ambil cutinya jangan mepet-mepet biar bisa lebih banyak waktu untuk istirahatin badan kita.
3. Jangan lupa test lab/darah menjelang due date untuk mengetahui bahwa kondisi kita ga ada yang bermasalah.
4. Yang pasti berdoa agar proses persalinan bisa berjalan dengan lancar.
5. Manusia boleh merencanakan( seperti gw ug pgn banget lahiran normal ), tp terap Tuhan yang menentukan. Bagaimanapun proses persalinan yang dijanin yang penting harus demi keselamatan ibu dan bayi, dan normal atau caesar ga akan mengurangi rasa bahagia dan tanghung jawab kita menjadi seorang ibu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar