Kamis, 15 Maret 2012

Cerita Kelahiran Baby Rhea

Kayanya bakalan panjang nich ceritain mengenai kelahiran baby Rhea :

Sabtu, 3 Maret 2012
Memang udah plan kita bahwa week end menjelang due date akan kita gunakan untuk jalan-jalan biar bisa mempercepat kelahiran. Dan sabtu ini kita jalan lumayan panjang, diawali dengan makan Ramen Ikkousha di Gading, lanjut ke nothercare di MKG 3 untuk beli kado buat baby Arka (anaknya Bima & Tari). Abis itu lanjut ke Mitra Keluarga Kemayoran untuk nengokin mereka dan abis itu secara ya mumpung masih didaerah kemayoran, gw sama evan nostalgia makan ketan susu dideket sana.
Jam 18:30 WIB
Trus berhubung gw juga harus cek darah lagi (karena hasil cek darah terakhir trombosit gw turun di angka 101.000 padahal batas bawah normal adalah 150.000. Jadi skalian mampir ke YPK untuk cek darah ulang.
Jam 19:30 WIB
Kita janjian makan sambil ngobrol-ngobrol sama bunga (anasthasia) di Setiabudi 1, makan lah di Kopitiam disana sambil ngobrol-ngobrol ttg masalah hati (hihihihihihihi), pas disana gw udah ngerasa ga nyaman dan pas ke kamar mandi udah ada flek lagi trus perut juga udah terasa kenceng banget cuma emang durasinya belum begitu intens.
Jam 22:00 WIB
Sampe dirumah dan badan rasanya lengket banget jadi masih sempet mandi sebentar, trus abis itu novena bareng evan dan sekitar jam 23:00 gw yang emang cape banget udah mulai ngantuk, sementara evan masih mau nonton streaming AC Milan via ipad jadi belom tidur.



Minggu 4 Maret 2012
Jam 01:00 WIB
Tiba-tiba kebangun karena ngerasa kaya basah di CD dan pas dicek CD gw ada rembesan air tapi beda sama pipis. Gw udah yakin bahwa ini adalah air ketuban, dan tanpa banyak mikir, evan yang kebetulan masih bangun langsung gw bilang "yang, kayanya air ketubannya udah rembes, ke rumah sakit aja". 
Dan untungnya semua perlengkapan udah ada dimobil, tinggal kaya cosmetic case gw dan evan (yess..dya punya..hahahaha) , jaket , dan charger yang dimasukin ke tas trus bangunin nyokab dan bokab, bilang kalo kita ke RS cuma mereka ga perlu ikut dulu ntr aja tunggu up-datean dari RS beneran jadi melahirkan apa engga.


Jam 01:45 WIB
Sampe di RS langsung kelantai 2 dan masuk ke Ruang Kala 1 namanya. Ga lama disuruh ganti baju pake kimono gt, trus udah disuruh tiduran untuk dicek bukaan sama air ketuban.
Pas dicek air ketuban gw rada-rada tegang jadinya sedikit sakit, tapi pas dicek bukaan untungnya gw udah bisa rileks jadinya ga terlalu sakit. Dan ternyata memang air ketuban udah rembes sementara bukaan baru diangka 1. Sementara gw lagi berusaha tidur, dibilik sebelah ada ibu-ibu yang ternyata mau melahirkan anak ke 2, cuma yaaaaaa tuch orang bener-bener lebayatun dech. Setiap menit/kotraksi dya teriak kenceng banget, yang gw pikir udah bukaan 7-8 ternyata baru bukaan 2. Dan kayanya itu sedikit mempengaruhi gw sehingga tensi gw sedikit naik turun waktu itu. Dan dya ternyata pasiennya dr. YR juga. Sekitar jam 4 pagi dya ga kuat banget kayanya dan meminta dokter untuk dilakukan operasi. Yang akhirnya operasi direncanakan jam 10:00 nanti.


Jam 06:00 WIB
Snack pertama dateng, dkasi susu plus telor rebus, berhubung gw laper banget jadi langsung gw abisin..hehehehe. Dikasi bingkisan isinya sendal, handuk, alat2 mandi, dan susternya nyuruh gw mandi dulu karena masih lama akan melahirkannya. Trus mulailah berdatangan nyokab, bokab dan Laura. Sementara sejak malem gw sama evan ga bisa tidur dengan nyenyaknya jadi sebenernya kita letih banget cuma excited karena si baby mau nongol.


Jam 07:00 WIB
Diperiksa pagi, hasilnya tensi masih naik turun dan gw diharuskan ambil darah lag karena ternyata hasil cek lab kemarin sore trombosit gw turun lagi diangka 90.000. 
Dari pagi sampe sore itu semua udah banyak yang berdatangan, ada emin + sarah, ada wahyu,bunga, sondang, sasti, kathy, raden, raymond, dea, abet, mamah ies, mba viena, jona, kenzie, dian, carlo, tante menuk + om hari. Kehadiran mereka bener-bener menguatkan gw karena sempet pas makan siang gw nangis karena ngerasa koq prosesnya jadi lama banget, disamping itu gw harus bolak balik diambil darahnya (itu puncak kekesalan gw), akhirnya sambil makan, gw cuma bisa pelukin evan trus nangis dech. Dan evan bener-bener menguatkan gw bahwa semua itu emang proses yang harus dijalanin jadi harus kuat.


Jam 16:00 WIB
Dokter memutuskan untuk ambil sample darah gw lagi dan dicek dilab lain yaitu Prodia untuk cari second opinion. Pada saat ini gw bener-bener udah pasrah, terserah mau apa aja yang dilakukan asal bayi gw bisa lahir dengan selamat. Suster sempet jelasin juga kenapa harus cari second opinion karena hasil cek darahnya turun ke angka 80.000. 
Disela-sela sore ini juga dr. YR sempet visit dan memastikan semua akan baik-baik saja.


Jam 18:00 WIB
Oh iya karena ini berkaitan dengan darah jadinya bukan hanya dokter kandungan yang dilibatkan tapi dokter internis juga yaitu dokter diah (baikkk...banget orangnya). Trus sekitar jam 6 sore waktu evan lagi mandi, dr.YR diup-date hasil lab dari prodia (yang ternyata udah ada), dan langsung minta bicara sama evan. Cuma berhubung evan lagi mandi jadinya ntr dr.YR yang dihubungi. 
Ga lama evan udah sampe lagi di ruang persalinan dan dijelaskan sedikit oleh suster trus baru dech dr.YR ditelp untu menjelaskan secara langsung ke evan.
Intinya adalah : Trombosit gw drop lagi ke angka 69.000 (dimana kalo menyentuh 50.000 bs terjadi pendarahan di otak) , dan dokter memutuskan untuk dilakukan tindakan transfusi trombosit dan bayi harus dikeluarkan sesegera mungkin karena air ketuban udah hampir habis, sementara pembukaan stuck di 1. 
Dengan sangat hati-hati suster dan evan menjelaskan keadaan ke gw bahwa jalan terbaik adalah transfusi trombosit dan operasi. Gw pun sudah cukup lelah menunggu dari jam 2 dinihari dan udah pasrah sepasrah-pasrahnya jadi pas keputusannya harus operasi ya gw jalanin dengan kuat hati. Prinsip gw pokonya bayi harus selamat. 
Trus suster-suster sibuk pesen trombosit ke PMI 10 kantong bhooooooo..... dan baru ready sekitar jam 22:00 WIB, sehingga diputuskan operasi jam 23:00. Gw pun udah dipersenjatai dengan infus dan baju operasi dan mulai puasa biar ga mual pas selesai operasi.
Sambil menunggu operasi gw sama evan menyempatkan diri untuk novena dan mamah ies juga ikut berdoa sebelum operasi dimulai (orang ta gw juga pastinya berdoa, apalagi nyokab gw mukanya bener-bener bikin gw stress..hahahahaha)


Jam 22:15 WIB
Darahnya udah dateng dan ruangan operasi juga udah mulai dipersiapkan. Langsung 10 kantong trombosit itu ditransfusiin ke gw, rasanya dingin semriwing gt karena ternyata emang dingin..hehehehe. Gw mendengar suara-suara kalo dokter-dokter udah pada berkumpul kecuali dr.YR. Tim dokterknya terdisi dari dokter anastesi, dokter anak, ass dr.YR dan dr,YR sendiri. Ditambah beberapa orang suster yang membantu dan salah satunya dititipin kamera untuk mengabadikan momen bersejarah itu.


Jam 23:00 WIB
Gw sempetin berdoa, menyerahkan semuanya sama Tuhan terjadilah semua seturut Kehendak-Mu Tuhan, bunyi doa gw.
Dan ternyata didalam ruang operasi tidak semencekam yang gw bayangkan, semua ceria dan masing-masing memperkenalkan diri. Setelah masuk, gw disuruh meringkuk, punggungnya dibersihkan sebelum disuntikkan bius ditulang belakang. Perlahan kaki terasa kesemutan dan kebas, trus disuruh telentang, tangannya diikat karena takut nanti nggaruk  (bahasa apa ituuu) kanan kiri...hehehehe. Ga lama dr.YR dateng dan siap mengoperasi gw. Ga lama, bagian perut gw terasa kaya digoyang kekiri dan kekanan dan gw denger dr.YR bilang "good, ini babynya". Langsung baby rhea digendong oleh dr. Rinawati (dokter anak) dengan dibantu suster untuk dicek APGAR dan diselimutin kemudian ditaro didada gw. Sebelum ditaro baby rhea nangis tapi pas ditaro didada gw, gw belai dan gw cium sambil gw bicara sama dya, dya langsung diem dan berusaha mencari puting susu ibunya. Sambil berurai air mata gw sangat menikmati moment itu "The Best Moment in My Life" (selain menikah yaa..hahahaha). Cuma memang kalo operasi IMD tidak berlangsung dengan optimal , tapi gw percaya dengan tidak IMD optimal bukan berarti baby rhea ga bisa tumbuh menjadi anak yang pintar. AMIN.
Lahirnya baby rhea sekitar jam 23:20 dan operasi baru slesai jam 00:00. Setelah operasi itu gw sangat amat mengantuk jadi ga konsen dan ingin segera istirahat setelah melewati hari yang sangat panjang.


Puji Tuhan bayi cantikku telah lahir kedunia.
Mudah-mudahan menjadi anak yang takut akan Tuhan, hormat dan sayang orang tua-nya dan berguna bagi sesamanya.


We love You So Much "Andrea Isabel Kinandari"


Papap Evan & Mama Lona































Tidak ada komentar:

Posting Komentar