Jumat, 15 Agustus 2014

Perkembangan Motorik Halus Anak

Kalau dianggap ibu yang serba tau dan mempersiapkan sepenuhnya untuk anak gw, kayanya gw masih jauh banget dibanding ibu-ibu lainnya yang dengan telatennya membimbing anaknya tahap demi tahap sehingga perkembangan motorik kasar dan halus anak berjalan dengan baik dan semua dilakukan dengan penuh kesabaran... Tapi gw selalu berusaha untuk mengikuti tahapan tersebut, menerapkan ke rhea walapun belum maksimal... hehehehe... paling engga berusaha..

Seperti yang gw baca bahwa perkembangan motorik halus anak itu ga kalah penting juga sama perkembangan motorik kasarnya, dan jika ingin punya anak yang cerdas dikemudian hari maka dari sejak dini kita menstimulasi perkembangan tersebut.
Untuk perkembangan motorik kasar, rhea ga perlu diragukan lagi, usia 12 bulan udah jalan, sekarang kerjaanya lompat-lompatan, jungkir balik sampe keringetan sekujur badan, fasih bermain volley dan joget-joget sesuka hati.. Nah yang perlu gw latih adalah perkembangan motorik halusnya..



Disela kesibukan gw ngantor, gw sempetin untuk browsing-browsing kegiatan apa aja yang mampu meningkatkan kemampuan motorik halusnya.
Dimulai dari main lilin (Puji Tuhan pas ulang tahun rhea dapat banyak mainan lilin) , trus gw juga ajarin dya main tabung-tabungan (dengan masukin koin ke lubang celengan) , menggosok gigi sendiri, main sticker, menggunting sampai semalem akhirnya meronce bikin kalung. Meskipun sangattttttttt sederhana...

Jadi semalem pulang kantor sebenernya mau beli bahan untuk belajar counting & number (beli magkok kue dr alumunium foil) sama kancing, tp pas beli kancing ternyata ada jual pita kecil warna emas dan gw langsung kepikiran untuk meronce, sementara untuk bandulannya gw beli paperclip warna warni. 
Awalnya gw rada ragu dya bakal tertarik, karena rhea itu anak yang kadang kurang sabar (dan ini jadi PR untuk semakin melatih dya bersabar) tapi ternyata dya excited, cuma karena ngantuk aja jadi ga terlalu lama, cuma cukup efektif untuk melatih jari-jarinya masukin ujung pita ke lobang paperclip (skalian belajar warna) dan melatih kesabaran dya banget karena ternyata bagi anak usia 2,5 tahun ga mudah untuk mengkoordinasikan kedua tangannya supaya pitanya bisa masuk ke lobang paperclip itu.
Tapi pas jadi dya seneng banget dan langsung dipake, pas mau tidur suruh gw copot dan gantung bareng sama kalung-kalung gw...hehehehehe

Seneng kalo bisa main sambil belajar dan ternyata anaknya suka, walapun cape tapi jadi semangat lagi lihat dya juga ga kalah semangat walaupun udah ngantuk..
Akan semakin rajin untuk  cari-cari referensi lagi bagaimana melatih motorik halus anak sekaligus melatih konsentrasinya...



Tidak ada komentar:

Posting Komentar